Tuesday, July 23, 2013

[Resep Masakan] Ayam Goreng Tradisional

Udah lama banget gue nggak posting tentang resep masakan atau semacamnya. Nah, sekarang gue mau coba sharing lagi. Kali ini gue mau share resep "Ayam Goreng Tradisional". Mungkin kalo lo googling resep masakan ini udah banyak lah yang ngeshare, dan sebagian besar hampir sama resepnya. Tapi kalo ala gue ada tambahan sedikit bumbu biar lebih gurih. Let's check it out.

Yang pertama, pastikan lo sehat. Kalo nggak sehat, lemes, gimana mau masak? Ye kan?
Oke, yang kedua siapin bahan-bahannya dulu.

Bahan-bahan :
- Setengah ekor ayam segar nan montok (jangan ayam kampus ya)
- 4 siung bawang putih
- garam
- penyedap
- Tumbar Miri Jahe (ketumbar, kemiri, jahe) secukupnya *hedehh* *dangdut*
- kunyit
- lengkuas
- 2 lbr daun salam
- 1 batang sereh (digeprek)
- satu lagi, 2 lbr daun jeruk. (Bagi gue ini perlu, biar ayamnya wangi dan seger)
- air secukupnya

Cara memasak :
1. Haluskan bumbu-bumbu kecuali salam, sereh, dan daun jeruk. (Kalo gue sih lebih suka ngulek ketimbang blender, rasanya lebih enak. Nguleknya jangan terlalu halus biar ada remah-remahannya nanti)
2. Tumis bumbu halus bersama salam, sereh, dan daun jeruk.
3. Setelah tumisan bumbu harum, masukan potongan ayam.
4. Tambahkan air perlahan dan sedikit-sedikit lalu aduk. Ulangi terus.
5. Ungkep sampai air habis.
6. Setelah diungkep, goreng ayam hingga kecoklatan
7. Siap disajikan.

NB : bumbu-bumbu di atas yang nggak tertulis jumlahnya, pakai takaran kira-kira. Hehehe.

Gue masak ayamnya udah dari kemaren sebenernya. Cuma baru kepikiran posting ya sekarang ini. Udah segitu aja dulu. Mohon maaf kalau agak susah dimengerti. ^^

No comments:

Post a Comment