Friday, October 8, 2010

People and the people in Jakarta

Hmm.. Jakarta.. Bermacem-macem orang yang nginjek aspal Jakarta. Dari yang kaya, setengah kaya, setengah miskin, miskin, cantik, ganteng, jelek, cacat, normal, pendek, tinggi, cewe, cowo, waria. Tapi dari macem2 itu masih bisa dibagi lagi jadi bermacem-macem jenis orang tergantung dari aspek mana kita mengategorikannya. Nah sekarang gue pengen ngelotokin apa yang selama ini ada di pikiran gue berdasarkan pengalaman gue idup selama 17 taun.

Dari jaman SD gue ngeliat temen-temen gue terbagi jadi berkelompok-kelompok. Gue gak tau mereka sengaja apa ngga bikin kelompok2 kaya gitu. Ada yang satu kelompok cewe semua, pinter2, mukanya cantik2 dan mereka juga tajir2, otomatis mereka gaulnya yang hi-class gitu kan, perginya ke mol2 gede. Ada juga yang tajir2, mukanya lumayan tapi gaulnya ama anak2 yang ga tajir (biasa aja). Ada yang pinter tapi gak gaul. Nah yang cowo2nya kalo jaman gue SD si masih pada maen bareng2. 

Kalo pas SMP makin keliatan deh.. Berhubung SMP gue itu biaya per bulannya setara kaya tagihan listrik 4 rumah kontrakan jadi isinya ya hampir semua orang2 tajir (kecuali gue dan beberapa tentunya). Dan kalo gue perhatiin, KEBANYAKAN orang2 tajir itu dari penampilannya aja udah keliatan. Boro2 dr penampilan, dari muka aslinya aja udah keliatan, kebanyakan CAKEP-CAKEP. Doyannya karokean, nongkrong di starbucks/cafe-cafe, dan alat transportasinya paling cemen itu taxi. Jadi mereka ya ngumpul berdasarkan itu. Kalo yang biasa aja pasti sama yang biasa aja juga. Nah kalo anak2 cowonya disini mulai ada separasi. Kalo yang tajir isinya biasanya sih cowo2 yg doyan ngeband, penampilannya kaya cowo2 PIM gitu deh (macem anak2 vierra). Ada juga yang anak warnet, ini biasanya golongan yang biasa aja.

Pas SMA ga jauh2 deh dari itu..

Nah gue ngegolongin lagi secara lebih luasnya nih..
1. Golongan hi-class asli Jakarta
   Yang termasuk golongan ini biasanya orang yang dari dia masih di perut, bahkan waktu emak-bapaknya baru nikah juga udah tinggal di Jakarta/urban fringe-nya dan tinggal di kawasan perumahan elit. Mereka tajir2, mukanya cakep2, sekolahnya sekolahan elit, tempat nongkrongnya mol, cafe, club, studio  karaoke. (Tapi tidak tertutup kemungkinan juga golongan ini tinggal di kawasan yang bukan perumahan atau bisa dibilang pemukiman penduduk biasa, efeknya dia jadi keren sendiri deh di lingkungannya)
2. Golongan biasa aja tapi asli Jakarta
    Yang termasuk golongan ini yaitu orang yang menengah ke bawah. Tinggalnya di pemukiman penduduk biasa, bukan perumahan. Muka2nya beragam dari yang cakep2 sampe agak alay ( walaupun ada yang nggak termasuk gue hihihi :P), tongkrongannya mol2 terdekat, untuk yang agak alay tongkrongannya ujung gang sambil main gitar. (Tapi untuk golongan ini tidak tertutup kemungkinan juga punya temen dari golongan pertama. Bagus malahan kan? Kalo untuk yang punya temen dari gol. 1 manfaatnya bisa dipepetin biar ditraktir terus, kalo yang punya suami/ istri dr gol.1 lebih bagus lagi! bisa memperbaiki ekonomi sekaligus memperbaiki keturunan secara gol.1 kebanyakan kan cakep2 hahaha :D) 
3. Golongan biasa aja dan bukan asli Jakarta alias orang perantauan
    Golongan ini biasanya golongan yang tingkat pendidikannya rendah dan tinggal di kawasan pemukiman penduduk yang padat dan maaf agak sedikit kumuh. Mata pencahariannya beragam, dari sopir angkot, sopir bus, kenek bus, ah pokonya macem2 lah. Penampilannya biasa aja dan muke2nya juga cakep2 standar. Anak2 mudanya kebanyakan pada alay2.
4. Golongan hi-class tapi NGGA ASLI JAKARTA
    Ehemm.. 
   Golongan ini biasanya orang2 perantauan yang tingkat pendidikannya di kampung bener2 selesai SMA-nya dan mereka kuliah/kerja di Jakarta. Mereka2 ini kebanyakan otaknya emang cerdas2, so wajar lah kalo mereka dapet pekerjaan yang oke di Jakarta. Nah karena ini nih, pekerjaan oke udah pasti gajinya oke dong? ya kan? ya iyalaah.. kalo gaji oke dompet tebel dong? kalo dompet tebel, ga mungkin dong kita gaulnya masih di PGC atau tempat2 yang isinya alay2? otomatis bakal merambah ke tempat2 yang banyak dihuni sama gol.1 kan? udah gitu lingkungan kerja mereka banyak dihuni juga sama orang2 gol.1, yang bikin mereka gaulnya jadi sama gol.1 juga. Kalo udah gitu golongan ini pasti lifestyle-nya gaya2 gol.1 juga.

Tapi maaf ya, maaaaaaff banget gak tau kenapa gue ga demen ama orang2 yang termasuk golongan empat tadi. Hemm.. jatohnya jadi bukan keren, malahan alay menurut gue. Asli kampung tapi pas nyampe di Jakarta mentang2 punya duit sok2 ikut clubing, sok2an gaya2 jetstet gitu deh. Gubrakkk! asli gak keren deh beneran. Jatohnya jadi gaul ga jadi, kasian malahan. Tapi sekali lagi maaaaaaaaffff banget kalo ada yang baca dan ngerasa tersinggung. Ini cuma hasil pemikiran gue kok yang ngga ada artinya :)

No comments:

Post a Comment